EDC Managed Service
Mobile Banking
SMS Banking
ATM Managed Service
KIOSK Managed Service
Outsource Switching
Direct Debit
Internet Banking
Card Management System
Bersama Pay
Bersama Merchant Management
Sistem Integrator

Artajasa menyediakan solusi perangkat terminal EDC dalam bentuk penyewaan terminal beserta infrastrukturnya. Layanan ini dapat ditujukan kepada bank-bank anggota ATM Bersama maupun institusi-institusi pembiayaan / non perbankan lain, untuk dapat digunakan sesuai dengan rencana dan kebutuhan Bank/institusi.

Layanan EDC Managed Service yang diberikan merupakan solusi layanan End to End, meliputi:

  • Penyediaan dan penyiapan Terminal EDC
  • Pemanfaatan izin acquiring Debit Artajasa
  • Penyediaan Jaringan Komunikasi Terminal EDC
  • Pengiriman Terminal EDC
  • Penyediaan infrastruktur EDC
  • Penyediaan infrastruktur sistem acquiring Debit
  • Penyediaan sistem Back Office Acquiring Debit
  • Penyediaan Fitur Standar
  • Pelatihan, Pelaksanaan kegiatan Maintenance EDC
  • Penyediaan Terminal EDC Back Up, Penyediaan helpdesk, Penyediaan Aplikasi Monitoring
  • Reporting

Dengan layanan EDC Managed Service yang dimiliki Artajasa, bank/institusi dapat memperoleh keuntungan antara lain :

  1. Meminimalisasi Investasi dan Pengelolaan Aset. Mengurangi biaya operasional untuk pengelolaan terminal dan infrastruktur pendukungnya
  2. Dapat terkoneksi ke jaringan ATM Bersama, Bersama  Debit, QRIS
  3. Percepatan implementasi Terminal EDC Bank dengan menggunakan izin acquiring yang telah dimiliki oleh Artajasa

Fitur-fitur yang Artajasa tawarkan untuk layanan EDC Manage Service antara lain :

  1. Fitur Mini Banking
  •   Cek Saldo
  •   Tarik tunai
  •   Transfer
  1. Fitur Laku Pandai
  •   Tarik Tunai
  •   Setor Tunai
  1. Fitur Debit
  •   Purchase
  •   Void
  •   Settlement
  1. Fitur Payment
  2. Fitur QR

Layanan EDC Managed Service

1. Apa itu layanan EDC Outsource Artajasa?

Layanan End to End penyediaan  Delivery Channel berupa Terminal EDC bagi Bank atau Institusi meliputi penyediaan Terminal,  Jaringan kominikasi,  Pengelolaan, Pemeliharaan sampai dengan Laporan

2. Latar belakang tersedianya layanan EDC  Outsource Artajasa ini?

  • Tingginya investasi yang harus dilakukan Bank untuk penyediaan Layanan EDC
  • SDM perbankan yang terbatas untuk melakkan kegiatan operasional Layanan EDC
  • Kesiapan infrastruktur layanan EDC yang telah dimiliki oleh Artajasa

3. Sejak kapan layanan EDC hadir di Artajasa? 

Artajasa pertama kali meluncurkan layanan EDC pada tahun 2008 dengan Adira  sebagai pelanggan pertama

4. Siapa saja target pasar dari layanan ini? 

Bank - Bank pada kelompok BUKU 1 - 3 baik Bank umum, Bank Syariah, maupun Bank Pembangunan DaerahPerusahaan non perbankan yang membutuhkan Terminal EDC sebagai media untuk melakukan transaksi"

5. Bagaimana skema kerjasama yang ditawarkan oleh Artajasa untuk layanan EDC ini? 

Solusi Managed Service end to end

6. Service apa saja yang akan diberikan kepada Pelanggan jika bergabung dengan layanan ini?

  1. Teminal EDC 
  2. Pengiriman ke kantor pusat pelanggan
  3. Pengembangan fitur- Penyiapan infrastruktur
  4. Koneksi ke Debit bersama dan ATM Bersama
  5. Penyediaan jaringan komunikasi 3G/GPRS
  6. Corective  maitnenance- Reporting
  7. Aplikasi monitoring
  8. Help desk monitoring
  9. Pemanfaatan izin acquiring debit Artajasa

7. Apa kelebihan layanan yang Artajasa berikan dibandingkan dengan perusahaan lain yang sejenis yang menawarkan layanan yang sama?

  • Artajasa memiliki kerjasama dengan lebih dari satu principle Terminal EDC, sehingga pelanggan dapat menentukan brand mana yang akan digunakan
  • Artajasa memiliki pengalaman dalam penyediaan layanan ini, sehingga dapat memberikan masukan brand mana yang memiliki kualitas yang baik
  • Artajasa telah memiliki izin acquiring debit yang dapat dimanfaatkan oleh Bank untuk melakukan penempatan terminal EDC di lokasi merchant sistem EDC Artajasa telah terkoneksi ke jaringan debit GPN dan interkoneksi transaksi domestik

8. Apa saja benefit yang akan diterima oleh pelanggan?

  • Dalam penyediaan Layaann EDC pelanggan tidak perlu mengeluarkan CAPEX cukup mengalokasikan OPEX
  • Pelanggan cukup berkoordinasi dengan Artajasa untuk seluruh kegiatan operasional Terminal EDC, tidak perlu berkoordinasi dengan banyak pihak
  • Pelanggan dapat langsung mengimplementasikan Layanan EDC Outsource Artajasa dengan pengembangan yang minimal
  • Peluang untuk mendapatkan sharing fee dari transaksi off us dengan acquiring Artajasa
  • Pelanggan dapat memanfaatkan izin acquiring Artajasa untuk melakukan penyediaan Layanan EDC di outsource

9. Fitur apa saja yang ditawarkan oleh layanan EDC  ini? 

Mini Banking : cek saldo, tarik tunai, setor tunai, transfer- Debit : Purchase, void, settlement- Payment Artajasa"

10. Berapa lama proses pengadaan, pengembangan sampai dengan layanan ini bisa digunakan oleh nasabah mitra kerjasama?

± 8 (delapan) minggu mulai dari Perjanjian Kerjasama/Surat Perintah Kerja/Surat Penunjukan diterima oleh Artajasa

11. Bagaimana prosedur dan mekanisme jika Pelanggan  ingin bergabung ke layanan ini? 

  • Artajasa akan melakukan presentasi kepada calon pelanggan  layanan EDC  sekaligus Bank memberikan informasi terkait kebutuhan ruang lingkup layanan
  • Artajasa akan mengirimkan proposal sesuai dengan kebutuhan ruang lingkup layanan dari pelanggan yang didalmnya terdapat lama proses implementasi, Biaya, dan ruang lingkup layanan yang akan disepakati
  • Setelah Bank sepakat ditunjukan dengan BAK/Surat, Artajasa melakukan pengadaan Terminal EDC, implementasi dan operasional layanan sampai dengan layanan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh pelanggan

12. Apa saja syarat dan ketentuan untuk bergabung ke layanan EDC?

Mitra telah memiliki izin penyediaan layanan EDC  dari regulator

13. Bagaimana jika terjadi gangguan pada layanan EDC Artajasa ini?  

  1. Bank Menginformasikan gangguan ke contact center Artajasa atau contact center artajasa menerima informasi gangguan dari aplikasi montioring
  2. Contact center Artajasa akan akan meneruskan informasi gangguan pada petugas penanganan gangguan- Petugas penanganan gangguanakan melakukan penyelesaian gangguan melalui telp
  3. Apabila penyelesaian gangguan tidak dapat dilaukan melalui telp, maka petugas akan menginformasikan ke pelanggan untuk melakukan penarikan terminal EDC
  4. Pelanggan mengirimkan terminal EDC yang mengalami gangguan ke kantor pusat Artajasa
  5. Artajasa mengirimkan terminal EDC pengganti ke kantor pusat pelanggan
  6. Artajasa melakukan perbaikan terhadap terminal EDC yang mengalami gangguan
  7. Pelanggan melakukan pengiriman terminal EDC ke lokasi penempatan

14. Apakah ada tim helpdesk yang disediakan oleh Artajasa untuk layanan ini? 

Ada team helpdesk Artajasa (Contac center) tersedia selama 24/7

15. Saat ini siapa saja mitra yang sudah menggunakan layanan mobile banking Artajasa? 

Lintasarta healtcare, Bank Mega Syariah, Bank Bengkulu, Bank kaltim, Bank kalsel, Bank dinar, Bank capital, Bank NTB, Bank BTPN Syariah, Bank ina Perdana, Bank Kalbar, BRI Syariah, Bank DBS, Bank DIY, Bank Syariah Mandiri, Bank NTT, Bank Sulutgo

16. Merk EDC apa saja yang dapat disediakan oleh Artajasa? 

Pax, Ingenico

17. Apakah ada minimal jumlah unit yang dipesan dalam layanan ini? 

Minimal jumlah unit yang dipesan dalam layanan ini adalah 50 unit,semakin banyak jumlah unit yang dipesan maka tarif layanan yang dibeikan akan semakin baik

18. Apakah ada minimal jangka waktu kerjasama dalam layanan ini?

Minimal jangka waktu kerjasama dalam Layanan EDC adalah 3 tahun,semakin lama jangka waktu kerjasama maka tarif layanan yang dibeikan akan semakin baik"

Untuk menjawab kebutuhan perbankan, Artajasa membantu Bank dalam penyediaan solusi layanan Mobile Banking yang tentunya akan memberikan nilai tambah pada produk dan layanan yang mampu meningkatkan pendapatan, jangkauan target segment, dan menciptakan bisnis yang dinamis


Solusi yang ditawarkan secara end to end (pengembangan, infrastruktur, hingga maintenance/operasional) dengan biaya yang rendah tentu akan memudahkan perbankan untuk memiliki layanan Mobile Banking yang handal dan efisien. Selain itu, Aplikasi Mobile Banking yang Artajasa kembangkan sudah mensupport Android maupun iOS.

Berbagai pilihan fitur yang Artajasa berikan dapat disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan, seperti:

  • Fitur Banking
  • Payment Purchase
  • Content (Kurs, Suku Bunga, ATM Lokasi, Info deposit dan Saham)
  • Promosi
  • Web Tools (Report Transaksi, Audit Trail, Pengaturan User Admin, dan Block / Unblock User)
  • Cardless (Melakukan penarikan tunai tanpa kartu di mesin ATM)
  • Source of fund (Debit Card dan E-Money)
  • QR Code (Melakukan pemindaian QR yang tersedia pada merchant)
  • Admin (Ganti PIN, Ganti Password, Inbox)
  • Favorite (Edit, Hapus list aktivitas transaksi yang sering di lakukan)

Layanan Mobile Banking

1. Apa itu layanan Mobile Banking Artajasa? 

Sistem layanan  Perbankan yang  disediakan oleh Artajasa  kepada Bank anggotanya  untuk mempermudah  nasabah dalam  mengakses rekening  dengan menggunakan  aplikasi mobile banking  berbasis Internet.

2. Sejak kapan layanan mobile banking hadir di Artajasa? 

Artajasa pertama kali meluncurkan Mobile Banking pada bulan desember 2015 dengan Bank NTB sebagai pelanggan pertama.

3. Siapa yang tepat menggunakan layanan ini? 

Bank - Bank yang ingin melayani nasabahnya dan menjawab kebutuhan nasabahnya

4. Bagaimana skema kerjasama yang ditawarkan oleh Artajasa untuk layanan Mobile Banking ini? 

Managed Service

5. Service apa saja yang akan diberikan kepada mitra jika bergabung dengan layanan ini?

  • Aplikasi Mobile Banking 
  • Pengembangan Layanan 
  • Maintenance

6. Apa kelebihan layanan yang Artajasa berikan dibandingkan dengan perusahaan lain yang sejenis yang menawarkan layanan yang sama? 

  • Artajasa bukan hanya sebagai penyedia layanan Mobile Banking tapi juga sebagai Biller Aggregator, Sehingga solusi payment/purchase Mobile Banking bisa one stop solution
  • Artajasa juga sebagai Principal QR, dalam kebutuhan transaksi QR Artajasa sudah menyiapkan solusi hingga akhir untuk layanan Mobile Banking.
  • Artajasa memiliki Sistem Integrator, sehingga Bank tidak perlu untuk mencari solusi Sistem Integrator untuk kebutuhan registasi Mobile Banking

7. Apa saja benefit yang akan diterima oleh mitra? 

  • Dapat digunakan oleh seluruh bank anggota jaringan ATM  Bersama
  • Meningkatkan transaksi di layanan Mobile Services
  • Membantu Bank dalam memudahkan penambahan delivery  channel-Sudah support untuk android dan ios

8. Fitur apa saja yang ditawarkan oleh layanan mobile  banking ini? 

  1. Fitur Banking- Payment  Purchase
  2. Content (Kurs, Suku Bunga, ATM Lokasi,  Info deposit dan Saham)
  3. Promosi
  4. Web Tools (Report Transaksi, Audit Trail,  Pengaturan User Admin, dan Block /  Unblock User)
  5. Cardless (Melakukan penarikan tunai  tanpa kartu di mesin ATM)
  6. Source of fund (Debit Card dan E-Money)
  7. QR Code (Melakukan pemindaian QR  yang tersedia pada merchant)
  8. Admin (Ganti PIN, Ganti Password, Inbox)
  9. Favorite (Edit, Hapus list aktivitas  transaksi yang sering di lakukan)

9. Berapa lama proses pengembangan sampai dengan layanan ini bisa digunakan oleh nasabah mitra kerjasama? 

Estimasi waktu ± 3 Bulan mulai dari pengembangan hingga Test Operasional.

10. Bagaimana prosedur dan mekanisme jika mitra ingin bergabung ke layanan ini?

  • Artajasa akan melakukan presentasi kepada calon pelanggan  Mobile Banking sekaligus Bank memberikan masukan terhadap fitur yang diinginkan
  • Bank akan mengirimkan dokumen RFP (Resuest for Proposal) didalamnya temasuk detail-detail fitur
  • Artajasa akan mengirimkan proposal yang didalmnya terdapat lama proses implementasi, Biaya, dan fitur yang akan disepakati
  • Setelah Bank sepakat ditunjukan dengan BAK/Surat, Artajasa melakukan pengembangan sampai dengan Akhir

11. Berapa lama proses pengembangan sampai dengan layanan ini bisa digunakan oleh nasabah mitra kerjasama? 

Estimasi waktu ± 4 Bulan mulai dari pengembangan hingga release ke Play store/ App Store

12. Apa saja syarat dan ketentuan untuk bergabung ke layanan mobile banking? 

Mitra harus menjadi anggota ATM Bersama

13. Bagaimana jika terjadi kegagalan transaksi menggunakan layanan mobile banking artajasa ini?

Mekanisme klaim kegagalan transaksi:

  • Nasabah BANK menginformasikan terjadinya gangguan pada Mobile Laku Pandai kepada Bank disertai informasi seperti:
    1. No HP yang terhubung dengan aplikasi Mobile Banking
    2. No Rekening Nasabah
    3. Provider
    4. Gangguan yang terjadi pada Mobile Banking
  • BANK menginformasikan gangguan yang terjadi kepada Helpdesk ARTAJASA
  • Helpdesk ARTAJASA melakukan penanganan awal melalui telepon

Apabila gangguan tidak dapat diselesaikan maka Helpdesk ARTAJASA melakukan koordinasi dengan provider penyedia jaringan data untuk penanganan lebih lanjut, Apabila:

  • Gangguan yang terjadi memakan waktu lama
  • Provider penyedia jaringan komunikasi tidak dapat memberikan estimasi waktu penyelesaian, Maka Helpdesk ARTAJASA akan melakukan:
    1. Pengecekan dengan simcard provider penyedia jaringan komunikasi yang lain atau
    2. Berkoordinasi dengan BANK untuk melakukan pengecekan jaringan

14. Apakah ada tim helpdesk yang disediakan oleh Artajasa untuk layanan ini? 

Ada team helpdesk Artajasa tersedia selama 24/7

15. Saat ini siapa saja mitra yang sudah menggunakan layanan mobile banking Artajasa? 

Bank NTBS, Bank Papua dan PDSB

Artajasa dapat membantu Perbankan dalam mempermudah nasabah mengakses rekening dengan menggunakan aplikasi mobile banking berbasis Sort Message Service (SMS) dalam bentuk Plain Text atau berbasis menu (Apps). Tentunya layanan SMS Banking ini dapat menjadi nilai lebih bagi layanan Perbankan sebagai alternative penambahan Delivery Channel. Beberapa layanan SMS Banking yang disediakan meliputi;

  • SMS Banking berbasis Server
  • SMS Banking Gateway
  • Aplikasi SMS Banking
  • Penyediaan Reporting System
  • Monitoring System 24 jam

Berbagai pilihan fitur yang Artajasa tawarkan dapat disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan, seperti:

  • Transfer
  • Mutasi rekening (5 Transaksi Terakhir)
  • Ganti PIN
  • Pembelian
  • Pembayaran
  • Cek Saldo

Layanan SMS Banking

1. Apa itu layanan SMS Banking Artajasa? 

Layanan Perbankan yang disediakan oleh Artajasa untuk mempermudah nasabah dalam mengakses rekening dengan menggunakan aplikasi mobile banking berbasis Sort Message Service (SMS) dalam bentuk Plain Text atau dapat juga digenerate oleh Apps SMSBanking.

2. Jelaskan latar belakang dari layanan SMS Banking ini? 

Memberikan solusi terhadap bank dalam menyediakan delivery channel SMS Banking. Sehingga untuk meningkatkan pelayanan kepada nasabah, diperlukan SMS banking untuk memudahkan nasabah bank melakukan berbagai macam transaksi perbankan melalui mobile device yang dimiliki khususnya untuk nasabah di daerah tertentu.

3. Sejak kapan layanan SMS Banking hadir di Artajasa? 

Artajasa pertama kali mengimplementasikan SMS Banking pada tahun 2003.

4. Siapa saja target pasar dari layanan ini? 

Bank - Bank yang ingin melayani nasabahnya dan menjawab kebutuhan nasabahnya dengan layanan SMS Banking. Bank - Bank Anggota ATM Bersama

5. Bagaimana skema kerjasama yang ditawarkan oleh Artajasa untuk layanan SMS Banking ini? 

Kerja Sama  Managed Service yakni Artajasa sebagai Vendor Teknis Layanan SMS Banking.

6. Bagaimana Skema Traif yang di tawarkan oleh Artajasa untuk Layanan SMS Banking? 

Terdapat Set Up Fee, Monthly Fee, Transaction Fee dan Biaya pengembangan jika memang terdapat pengembangan layanan sesuai dengan kesepakatan.

7. Service apa saja yang akan diberikan kepada Bank jika bergabung dengan layanan ini?

Ruang lingkup Layanan/ Business Scope

  1. SMS Server
  2. SMS Gateway
  3. Aplikasi SMS Banking
  4. Pengembangan Fitur di luar fitur standart yang telah disepakati
  5. Maintenance
  6. Reporting dan Monitoring
  7. Helpdesk

8. Apa kelebihan layanan yang Artajasa berikan dibandingkan dengan perusahaan lain yang sejenis yang menawarkan layanan yang sama?

  • Artajasa bukan hanya sebagai penyedia layanan SMS Banking tapi juga sebagai Biller Aggregator, Sehingga solusi payment/purchase SMS Banking bisa one stop solution
  • Artajasa memiliki Sistem Integrator, sehingga Bank tidak perlu untuk mencari solusi Sistem Integrator untuk koneksi dengan provider

9. Apa saja benefit yang akan diterima oleh Bank?

  • Dapat digunakan oleh seluruh bank anggota jaringan ATM  Bersama
  • Meningkatkan transaksi di layanan Mobile Services
  • Bank dapat meminimalisir biaya pengembangan dan operasional SMS Banking.
  • Menambah delivery channel Bank
  • Mempermudah nasabah melakukan transaksi bank finansial & non finansial

10. Fitur apa saja yang ditawarkan oleh layanan SMS Banking ini? 

  1. Fitur Banking (Transfer On Us, Off Us)
  2. Payment  Purchase- Web Tools (Report Transaksi, Audit Trail,  Pengaturan User Admin, dan Block /  Unblock User)
  3. Ganti PIN
  4. Help
  5. Informasi Suku Bunga
  6. Informasi Rekening
  7. Aktivasi
  8. Ganti PIN
  9. Mutasi

11. Bagaimana prosedur dan mekanisme jika Bank ingin bergabung ke layanan ini?

  • Artajasa akan melakukan presentasi kepada calon pelanggan  SMS Banking sekaligus Bank memberikan masukan terhadap fitur yang diinginkan
  • Bank akan mengirimkan dokumen RFP (Resuest for Proposal) didalamnya temasuk detail-detail fitur
  • Artajasa akan mengirimkan proposal yang didalamnya terdapat lama proses implementasi, Biaya, dan fitur yang akan disepakati
  • Setelah Bank sepakat ditunjukan dengan BAK/Surat, Artajasa melakukan pengembangan sampai dengan Akhir

12. Bagaimana penanganan jika terjadi gangguan sistem pada layanan Sms Banking? 

  1. Bank menginformasikan terjadinya gangguan sistem
  2. Artajasa akan melakukan investigasi jika terdapat indikasi gangguan baik infrastruktur sistem SMS Banking amupun jaringan kominukasi
  3. Investigasi dilakukan juga untuk mengetahui gangguan tersebut merupakan tanggung jawab pihak Bank, Artajasa ataukah Provider
  4. Jika tanggung jawab Artajasa maka Artajasa akan melakukan penanganan gangguan tersebut dalam waktu yang telah disepakati di SPP dan dilakukan sesuai dengan aturan yang berlaku

13. Apakah ada tim helpdesk yang disediakan oleh Artajasa untuk layanan ini? 

Ada team helpdesk Artajasa tersedia selama 24/7.

14. Saat ini siapa saja Bank yang sudah menggunakan layanan SMS Banking Artajasa? 

BRI, Bukopin, Citibank, Kalsel, Aceh, Papua, Sultra, BPR EKA

Artajasa senantiasa membantu Pelanggan untuk memberikan solusi terbaik bagi bisnisnya. Melalui penyediaan solusi layanan End to End Terminal ATM yang diberikan oleh Artajasa bagi Mitra Perbankan maupun Non Perbankan, tentunya dapat membantu Pelanggan dalam meminimasilasi biaya investasi hingga management vendor yang lebih efektif.

Beberapa layanan End to End yang Artajasa berikan meliputi:

  • Mesin ATM / CDM /CRM
  • Pengiriman ke lokasi 
  • Second Level Maintenance
  • First Level Maintenance 
  • Cash Replenishment
  • Help Desk
  • Site Maintenance 
  • Sarana Pendukung 
  • Infrastruktur Monitoring
  • Jaringan Komunikasi 
  • Cash Management
  • Reporting

Layanan ATMCDMCRM Managed Sevice

1. Apa itu layanan ATM dan/atau CRM Outsource Artajasa?

Layanan End to End penyediaan  Delivery Channel berupa Terminal ATM dan/atau CRM bagi Bank atau Institusi meliputi penyediaan Terminal,  Jaringan kominikasi,  Pengelolaan, Pemeliharaan sampai dengan Laporan

2. Latar belakang tersedianya layanan ATM dan/atau CRM Outsource Artajasa ini?

  • Tingginya investasi yang harus dilakukan Bank untuk penyediaan Layanan ATM dan/atau CRM
  • SDM perbankan yang terbatas untuk melakkan kegiatan operasional Layanan ATM dan/atau CRM
  • Persyaratan keanggotaan ATM Bersama pada level tertentu yang mengharuskan Anggotanya memiliki minimal satu Terminal ATM

3. Sejak kapan layanan ATM dan/atau CRM hadir di Artajasa?

Artajasa pertama kali meluncurkan layanan ATM dan/atau CRM pada tahun 2008 dengan Bank BJB sebagai pelanggan pertama

4. Siapa saja target pasar dari layanan ini?

Bank - Bank pada kelompok BUKU 1 - 3 baik Bank umum, Bank Syariah, maupun Bank Pembangunan Daerah

5. Bagaimana skema kerjasama yang ditawarkan oleh Artajasa untuk layanan ATM dan/atau CRM ini?

Solusi layanan Managed Service end to end

6. Service apa saja yang akan diberikan kepada Pelanggan jika bergabung dengan layanan ini?

  1. Teminal ATM dan/atau CRM
  2. Pengiriman dan implementasi di lokasi penempatan
  3. Kegiatan SLM- Kegiatan FLM*
  4. Jaringan Komunikasi*
  5. Kegiatan CR*
  6. Reporting
  7. Penyediaan sarana pendukung (UPS & IT)*
  8. Aplikasi monitoring*
  9. Help desk monitoring

**) sesuai kebutuhan pelanggan dan memerlukan konfirmasi lebih lanjut"

7. Apa kelebihan layanan yang Artajasa berikan dibandingkan dengan perusahaan lain yang sejenis yang menawarkan layanan yang sama?

  • Artajasa memiliki kerjasama dengan lebih dari satu principle Terminal ATM dan/atau CRM, sehingga pelanggan dapat menentukan brand mana yang akan digunakan
  • Artajasa memiliki pengalaman dalam penyediaan layanan ini, sehingga dapat memberikan masukan brand mana yang memiliki kualitas yang baik
  • Artajasa memiliki layanan switching, sehingga akan memudahkan dalam pelaksanaan pengembangan dan implementasi layanan ATM

8. Apa saja benefit yang akan diterima oleh pelanggan?

  • Dalam penyediaan Layaann ATM dan/atau CRM pelanggan tidak perlu mengeluarkan CAPEX cukup mengalokasikan OPEX
  • Pelanggan cukup berkoordinasi dengan Artajasa untuk seluruh kegiatan operasional Terminal ATM dan/atau CRM, tidak perlu berkoordinasi dengan banyak pihak

9. Fitur apa saja yang ditawarkan oleh layanan ATM dan/atau CRM ini?

  • Fitur yang ditawarkan dalam layanan ini tergantung pada fitur yang tersedia pada switching pelanggan
  • Artajasa memberikan support penuh untuk kebutuhan pengimplementasian seluruh fitur yang  terdapat pada switching pelanggan di Terminal ATM dan/atau CRM

10. berapa lama proses pengadaan sampai dengan layanan ini bisa digunakan oleh nasabah mitra kerjasama?

Estimasi waktu selama 16 (Enam belas) minggu mulai dari Perjanjian Kerjasama/Surat Perintah Kerja/Surat Penunjukan diterima oleh Artajasa

11. Bagaimana prosedur dan mekanisme jika Pelanggan ingin bergabung ke layanan ini?

  • Artajasa akan melakukan presentasi kepada calon pelanggan  layanan ATM dan/atau CRM  sekaligus Bank memberikan informasi terkait kebutuhan ruang lingkup layanan
  • Artajasa akan mengirimkan proposal sesuai dengan kebutuhan ruang lingkup layanan dari pelanggan yang didalmnya terdapat lama proses implementasi, Biaya, dan ruang lingkup layanan yang akan disepakati
  • Setelah Bank sepakat ditunjukan dengan BAK/Surat, Artajasa melakukan pengadaan Terminal ATM dan/atau CRM, implementasi dan operasional layanan sampai dengan layanan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh pelanggan

12. Apa saja syarat dan ketentuan untuk bergabung ke layanan ATM dan/atau CRM?

Mitra telah memiliki izin penyediaan layanan ATM dan/atau CRM  dari regulator

13. Bagaimana jika terjadi gangguan pada layanan ATM dan/atau CRM artajasa ini?

  • Bank mendapatkan informasi mengenai gangguan yang terjadi pada Terminal ATM dan/atau CRM dari petugas bank dilapangan ataupun dari aplikasi monitoring
  • Bank Menginformasikan gangguan ke contact center Artajasa
  • Contact center Artajasa akan meneruskan informasi gangguan pada petugas di lapangan
  • Petugas di lapangan akan melakukan kunjungan ke lokasi penempatan Terminal ATM dan/atau CRM dan melakukan penanganan gangguan
  • Petugas di lapangan menginformasikan hasil penanganan gangguan ke contact center Artajasa, apakah gangguan telah selesai ditangani ataukan memerlukan penangangan lebih lanjut
  • Contact center Artajasa menginformasikan hasil penanganan gangguan ke pelanggan.

14. Apakah ada tim helpdesk yang disediakan oleh Artajasa untuk layanan ini?

Ada, team helpdesk Artajasa (Contac center) tersedia selama 24/7

15. Saat ini siapa saja mitra yang sudah menggunakan layanan mobile banking Artajasa?

Bank BJB, Bank Kalsel, Bank Panin Syariah, Bank of India, Bank Sumut, Bank BTPN Syariah, Bank Dinar, Ok Bank, Bank Agris, BPR Eka, Bank Bumi Arta

16. Merk ATM dan/atau CRM apa saja yang dapat disediakan oleh Artajasa?

Wincor, Hyosung, Hitachi

17. Apakah ada minimal jumlah unit yang dipesan dalam layanan ini?

Minimal jumlah unit yang dipesan dalam layanan ini adalah 10 unit,semakin banyak jumlah unit yang dipesan maka tarif layanan yang dibeikan akan semakin baik

18. Apakah ada minimal jangka waktu kerjasama dalam layanan ini?

Minimal jangka waktu kerjasama dalam Layanan ATM dan/atau CRM adalah 3 tahun,semakin lama jangka waktu kerjasama maka tarif layanan yang dibeikan akan semakin baik

Artajasa menyediakan layanan KIOSK secara End to End bagi para Mitra yang ingin menjangkau end customer lebih luas, serta memberikan added value kepada end customer dalam penyediaan berbagai fitur pembayaran atau pembelian yang terpadu dan terpercaya. Layanan KIOSK yang Artajasa berikan meliputi:

  • Pengadaan dan Pengiriman
  • Instalasi dan Operasional Terminal Kiosk ke lokasi.
  • Jaringan Komunikasi
  • Second Level Maintenance sehingga dapat digunakan untuk melakukan transaksi
  • Reporting dan Monitoring
  • Helpdesk
  • Pengembangan fitur

Layanan Kiosk Artajasa ini juga dapat memproses transaksi dari berbagai sumber dana seperti Kartu Debit, Kartu Kredit (online) maupun Uang Tunai. Dengan layanan Kiosk Artajasa ini, pelanggan dapat melakukan transaksi digital yang aman dan nyaman.

Artajasa memberikan fleksibilitas kepada pelanggan untuk dapat memilih sendiri Fitur KIOSK Manage Service yang dibutuhkan sesuai dengan fokus bisnis kebutuhan pelanggannya, maupun system Switching Bank. Fitur yang dapat Artajasa berikan diantaranya:

  1. Purchase (Pembelian Pulsa, Paket Data, dll)
  2. Payment (Multifinance, TV Berlangganan, PLN, dll)
  3. Ticketing

Layanan Kiosk Managed Service

1. Apa itu layanan Kiosk Outsource Artajasa? 

Layanan End to End penyediaan  Delivery Channel berupa Terminal Kiosk bagi Bank atau Institusi meliputi penyediaan Terminal,  Jaringan kominikasi,  Pengelolaan, Pemeliharaan sampai dengan Laporan

2. Latar belakang tersedianya layanan Kiosk  Outsource Artajasa ini? 

  • Tingginya investasi yang harus dilakukan pelanggan untuk penyediaan Layanan Kiosk
  • SDM pelanggan yang terbatas untuk melakkan kegiatan operasional Layanan Kiosk
  • Kesiapan infrastruktur layanan Kiosk yang telah dimiliki oleh Artajasa

3. Sejak kapan layanan Kiosk hadir di Artajasa? 

Artajasa pertama kali meluncurkan layanan Kiosk pada tahun 2018 dengan Indosat sebagai pelanggan pertama.

4. Siapa saja target pasar dari layanan ini? 

Bank dan Perusahaan non perbankan yang membutuhkan Terminal Kiosk sebagai media untuk melakukan transaksi.

5. Bagaimana skema kerjasama yang ditawarkan oleh Artajasa untuk layanan Kiosk ini? 

Solusi Managed Service end to end.

6. Service apa saja yang akan diberikan kepada Pelanggan jika bergabung dengan layanan ini? 

  1. Teminal Kiosk 
  2. Pengiriman ke lokasi penempatan
  3. Pengembangan fitur
  4. Penyiapan infrastruktur
  5. Koneksi ke Debit bersama dan ATM Bersama
  6. Penyediaan jaringan komunikasi 3G/GPRS
  7. Maitnenance
  8. Reporting
  9. Aplikasi monitoring
  10. Help desk monitoring

7. Apa kelebihan layanan yang Artajasa berikan dibandingkan dengan perusahaan lain yang sejenis yang menawarkan layanan yang sama?

  • Artajasa telah berpengalaman dalam penyediaan berbagai layanan delivery channel
  • Artajasa terkoneksi ke jaringan GPN, ke berbagai biller pembayaran sehingga dapat menyediakan layanan dengan fitur lebih lengkap
  • Sistem Kiosk Artajasa telah terkoneksi ke jaringan debit GPN dan interkoneksi transaksi domestik

8. Apa saja benefit yang akan diterima oleh pelanggan? 

  1. Dalam penyediaan Layaann Kiosk pelanggan tidak perlu mengeluarkan CAPEX cukup mengalokasikan OPEX
  2. Pelanggan cukup berkoordinasi dengan Artajasa untuk seluruh kegiatan operasional Terminal Kiosk, tidak perlu berkoordinasi dengan banyak pihak
  3. Pluang untuk mendapatkan sharing fee dari transaksi off us dengan acquiring Artajasa
  4. Pelanggan dapat memanfaatkan izin acquiring Artajasa untuk melakukan penyediaan Layanan Kiosk di outsource

9. Fitur apa saja yang ditawarkan oleh layanan Kiosk  ini? 

Purchase, Payment, dan fitur khusus sesuai dengan kebutuhan pelanggan

10. Berapa lama proses pengadaan, pengembangan sampai dengan layanan ini bisa digunakan oleh nasabah mitra kerjasama? 

Estimasi waktu ± 6 - 12 bulan mulai dari Perjanjian Kerjasama/Surat Perintah Kerja/Surat Penunjukan diterima oleh Artajasa

11. Bagaimana prosedur dan mekanisme jika Pelanggan  ingin bergabung ke layanan ini? 

  1. Artajasa akan melakukan presentasi kepada calon pelanggan  sekaligus pelanggan memberikan masukan terhadap fitur yang diinginkan
  2. Bank akan mengirimkan dokumen RFP (Resuest for Proposal) didalamnya temasuk detail-detail fitur
  3. Artajasa akan mengirimkan proposal yang didalmnya terdapat lama proses implementasi, Biaya, dan fitur yang akan disepakati
  4. Setelah Bank sepakat ditunjukan dengan BAK/Surat, Artajasa melakukan pengembangan sampai dengan Akhir

12. Apa saja syarat dan ketentuan untuk bergabung ke layanan Kiosk? 

Tidak ada

13. Bagaimana jika terjadi gangguan pada layanan Kiosk  artajasa ini?

  • Bank Menginformasikan gangguan ke contact center Artajasa
  • Contact center Artajasa akan akan meneruskan informasi gangguan pada petugas penanganan gangguan- Petugas penanganan gangguan akan melakukan penyelesaian gangguan melalui telp
  • Apabila gangguan tidak dapat diselesaikan maka Helpdesk ARTAJASA melakukan koordinasi dengan bagian terkait untuk penanganan lebih lanjut

Apabila :

  1. Gangguan yang terjadi memakan waktu lama atau
  2. Bagian terkait tidak dapat memberikan estimasi waktu penyelesaian, Maka Helpdesk ARTAJASA akan melakukan
  3. Berkoordinasi dengan BANK terkait status penanganan gangguan

14. Apakah ada tim helpdesk yang disediakan oleh Artajasa untuk layanan ini?

Ada team helpdesk Artajasa (Contac center) tersedia selama 24/7

15. Saat ini siapa saja mitra yang sudah menggunakan layanan mobile banking Artajasa? 

Indosat

16. Apakah ada minimal jumlah unit yang dipesan dalam layanan ini? 

Minimal jumlah unit yang dipesan dalam layanan ini adalah 10 unit, semakin banyak jumlah unit yang dipesan maka tarif layanan yang dibeikan akan semakin baik.

17. Apakah ada minimal jangka waktu kerjasama dalam layanan ini? 

Minimal jangka waktu kerjasama dalam Layanan Kiosk adalah 3 tahun,semakin lama jangka waktu kerjasama maka tarif layanan yang dibeikan akan semakin baik

Dengan 20 tahun pengalaman Artajasa dalam indurstri Switching, Artajasa memiliki solusi yang terintegrasi untuk mendukung core bank pelanggan yang berfokus kepada pengembangan dan pengoperasian system switching untuk Bank. Sehingga, dengan layanan Outsource Swithing yang Artajasa berikan, Bank dapat meningkatkan Service Level yang baik kepada pelanggannya.

Tentunya dengan terhubung layanan Outsource Switching Artajasa, biaya operasional pelanggan menjadi lebih Efisien dan Efektif, serta dapat terhubung ke berbagai delivery channel dan network principal di Indonesia.

Layanan Outsource Switching meliputi;

  • Core Switch System
  • Card Management System
  • Reporting System secara berkala
  • Routing Banking dan Payment Transaction
  • Terminal Management Interface
  • Biller Interface
  • Back office
  • Routing banking dan payment transaction
  • Support NSICCS
  • Maintenance
  • Back Office
  • Data Recovery Centre
  • Pengembangan

Berbagai pilihan fitur yang Artajasa tawarkan dapat disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan, seperti:

  • Delivery Channel Management (ATM, CRM, EDC, Mobile Banking, Internet Banking, Mpos)
  • Switching Principal Interface (ATM Bersama, Prima, Alto, Jalin)
  • Biller Provider Interface (PLN, BPJS, Telekomunikasi, PDAM, PBB, Multifinance, TV  Berbayar, Transportasi)
  • Core Banking System Interface (WBK, FDS, Teradata, Collega, Sigma, Multipolar, ICS)

Layanan Outsource Switching

1. Apa itu layanan OSSW Artajasa?

Salah satu produk layanan Artajasa yang fokus dalam pengembangan dan pengoperasian sistem switching Bank.

2. Jelaskan latar belakang dari layanan OSSW ini? 

  • Operasional Kebutuhan Servis Level yang handal  dalam menangani kebutuhan Nasabah
  • TeknisPengembangan dan implementasi fitur layanan dengan cepat dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan
  • Legal & ComplienceMemenuhi regulasi dari regulator (Contoh: BI-NSICCS & DRC, OJK, Visa & Master-PCIDSS)
  • BusinessMempertahankan dan menambah nasabah baru dengan cara melakukan penambahan dan peningkatan layanan kepada nasabah

3. Sejak kapan layanan OSSW hadir di Artajasa? 

Artajasa pertama kali meluncurkan OSSW pada bulan Juni 2010 dengan Bank Kalsel sebagai pelanggan pertama.

4. Siapa saja target pasar dari layanan ini? 

Bank - Bank yang ingin melayani nasabahnya dan menjawab kebutuhan nasabahnya.

5. Bagaimana skema kerjasama yang ditawarkan oleh Artajasa untuk layanan OSSW ini?

Solusi Managed Service end to end

6. Service apa saja yang akan diberikan kepada mitra jika bergabung dengan layanan ini? 

  • Routing banking dan payment transaction
  • Support NSICCS
  • Maintenance
  • Back Office
  • Data Recovery Center
  • Pengembangan

7. Apa kelebihan layanan yang Artajasa berikan dibandingkan dengan perusahaan lain yang sejenis yang menawarkan layanan yang sama? 

  • Artajasa bukan hanya sebagai penyedia layanan OSSW tapi juga sebagai Biller Aggregator, Sehingga solusi payment/purchase OSSW bisa one stop solution
  • Artajasa juga sebagai Principal ATMB, dalam kebutuhan transaksi Off us Artajasa sudah menyiapkan solusi hingga akhir untuk layanan OSSW dan juga pecepatan dalam waktu pengujian ATMB

8. Apa saja benefit yang akan diterima oleh mitra?

  1. Terkoneksi Jaringan ATM Bersama dan Biller-Biller Artajasa
  2. Sistem switching yang memiliki SLA dan kapasitas yang tinggi
  3. Memiliki sistem Monitoring yang Real time Online dan sistem Report yang akurat
  4. Artajasa memiliki Solusi Delivery Channel Untuk Bank sehingga dalam proses implementasi lebih cepat
  5. Data Center dan DRC dengan standar Tier 3

9. Fitur apa saja yang ditawarkan oleh layanan OSSW?

  1. Koneksi ATM Shared Networks (ATM Bersama, Prima, Alto dan Jalin).
  2. Koneksi Payment Artajasa (MNC Grup,Indosat, XL, Smartfren, BPJS, PLN, DLL) dan Payment Bank
  3. Koneksi Core Banking System.
  4. Koneksi CMS.
  5. Monitoring & Reporting System.
  6. Terminal Handler

10. Berapa lama proses pengembangan sampai dengan layanan ini bisa digunakan oleh nasabah mitra kerjasama?

Estimasi waktu ± 6 Bulan mulai dari pengembangan hingga Test Operasional

11. Bagaimana prosedur dan mekanisme jika mitra ingin bergabung ke layanan ini? 

  1. Artajasa akan melakukan presentasi kepada calon pelanggan OSSW sekaligus Bank memberikan masukan terhadap fitur yang diinginkan
  2. Bank akan mengirimkan dokumen RFP (Resuest for Proposal) didalamnya temasuk detail-detail fitur
  3. Artajasa akan mengirimkan proposal yang didalmnya terdapat lama proses implementasi, Biaya, dan fitur yang akan disepakati
  4. Setelah Bank sepakat ditunjukan dengan BAK/Surat, Artajasa melakukan pengembangan sampai dengan Akhir

12. Berapa lama proses pengembangan sampai dengan layanan ini bisa digunakan oleh nasabah mitra kerjasama? 

Estimasi waktu ± 6 Bulan mulai dari pengembangan hingga Test Operasional.

13. Apa saja syarat dan ketentuan untuk bergabung ke layanan OSSW?

Bank harus menjadi anggota ATM Bersama

14. Bagaimana jika terjadi kegagalan transaksi menggunakan layanan OSSW artajasa ini?

Mekanisme klaim kegagalan transaksi  "PENANGANAN GANGGUAN":

Informasi gangguan dapat berasal dari hasil temuan monitoring harian Artajasa, Bank, maupun Third Party melalui telepon/email/fax kepada Contact Person yang telah ditentukan. Prosedur penyelesaian gangguan adalah sebagai berikut:

  1. Artajasa menerima informasi adanya gangguan atau mengetahui terjadinya gangguan berdasarkan hasil monitoring harian.
  2. Artajasa melakukan pencatatan gangguan yang terjadi.
  3. Artajasa melakukan identifikasi terhadap gangguan yang terjadi dan melakukan tindak lanjut sesuai dengan permasalahan yang terjadi.

Berdasarkan hasil identifikasi terhadap gangguan, klasifikasi gangguan antara lain:

  1. Gangguan komunikasi data
  2. Gangguan Delivery Channel
  3. Gangguan pada Sitstem Switching
  4. Gangguan pada Bank
  5. Gangguan pada third party

15. Apakah ada tim helpdesk yang disediakan oleh Artajasa untuk layanan ini? 

Ada team helpdesk Artajasa tersedia selama 24/7

16. Saat ini siapa saja mitra yang sudah menggunakan layanan OSSW Artajasa? 

Bank Papua, Kalsel, NTBS, Mantap, Sultra, Ina Perdana, Bumi Arta, PDSB, BYB, BTPBS, Dinar

Layanan Artajasa yang di operasionalkan oleh Bank, yang memungkinkan nasabah untuk memberikan otorisasi dalam melakukan pendebetan dana dari rekening nasabah, untuk keperluan pembayaran tagihan secara periodik dan otomatis.

Ruang Lingkup Layanan

  • Penyediaan aplikasi, fitur,  jaringan komunikasi, dan  switch biller.
  • Pengembangan fitur
  • Training, Helpdesk, monitoring dan reporting

Benefit

  • Memudahkan proses pembayaran tagihan
  • Menjaga ketepatan waktu pembayaran tagihan
  • Sebagai salah satu fasilitas atau fitur pilihan yang akan diberikan ke nasabah Bank

Fitur / Biller yang terkoneksi  (Pembayaran / Pembelian) :

  1. Indosat
  2. XL
  3. Smartfren
  4. PLN
  5. BPJS
  6. MNC Play
  7. MNC Vision

Direct Debit Mitra Logo

1. Apa itu layanan Direct Debit Artajasa? 

Layanan Artajasa yang di operasionalkan oleh Bank, yang memungkinkan nasabah untuk memberikan otorisasi dalam melakukan pendebetan dana dari rekening nasabah, untuk keperluan pembayaran tagihan secaraperiodik dan otomatis

2. Sejak berapa lama layanan Direct Debit beroperasi?

Artajasa pertama kali mengimplementasikan Direct Debit pada tahun 2003.

3. Siapa saja target pasar dari layanan ini? 

Bank - Bank yang ingin melayani nasabahnya dan menjawab kebutuhan nasabahnya dengan layanan Direct Debit. Bank - Bank Anggota ATM Bersama.

4. Bagaimana potensi Industri terhadap Layanan Direct Debit? 

Dengan meningkatnya transaksi tagihan dari Berbagai biller Online payment yang ada di Indonesia menjadi kesempatan Bagi Bank untuk memberikan layanan Direct Debit untuk memfasilitasi nasabahnya. Di satu sisi yang lain terdapat peningkatan juga pada pemegang kartu debit dan kartu kredit. Sehingga layanan Direct Debit menjadi salah satu solusi dalam menunjang pembayaran tagihan nasabah.

5. Bagaimana skema kerjasama yang ditawarkan oleh Artajasa untuk layanan Direct Debit ini? 

Kerja Sama  Managed Service yakni Artajasa sebagai Mitra Teknis Layanan Direct Debit

6. Bagaimana Skema Traif yang di tawarkan oleh Artajasa untuk Layanan Direct Debit? 

Terdapat Set Up Fee, Monthly Fee untuk setiap Biller yang terkoneksi, Transaction Fee dan Biaya pengembangan jika memang terdapat pengembangan layanan sesuai dengan kebutuhan Mitra.

7. Service apa saja yang akan diberikan kepada Bank jika bergabung dengan layanan ini?

Ruang lingkup Layanan/ Business Scope:

  • Penyediaan Aplikasi
  • Pengembangan Biller

FITUR:

  1. Jaringan Komunikasi system
  2. Switch ke bille rterkait
  3. Maintenance
  4. Reporting dan Monitoring
  5. Helpdesk

8. Apa kelebihan layanan yang Artajasa berikan dibandingkan dengan perusahaan lain yang sejenis yang menawarkan layanan yang sama? 

Artajasa bukan hanya sebagai penyedia layanan Direct Debit tapi juga sebagai Biller Aggregator. Sehingga solusi payment/purchase Direct Debit bisa one stop solution.

9. Biller Apa saja yang telah terkoneksi dengan Layanan Direct Debit?

BPJS, Indosat, XL, Smartfren, PLN, MNC Vision, MNC Play, Mitra juga dapat terkoneksi dengan biller Bank jika memang di perlukan, tetapi dibutuhkan diskusi lebih lanjut terkait koneksi dan juga konfigurasi yang akan di terapkan.

10. Apa saja benefit yang akan diterima oleh Bank? 

  • Optimasi Sistem pembayaran di Bank
  • Bank dapat meminimalisir biaya pengembangan dan operasional Direct Debit.
  • Menambah delivery channel Bank
  • Mempermudah nasabah melakukan transaksi Bank finansial & non finansial

11. Apa saja benefit yang akan diterima oleh Nasabah dengan menggunakan Layanan Direct Debit?

Pembayaran tagihan menjadi lebih mudah- Nasabah dapat mengurangi resiko keterlambatan Pembayaran tagihan.

12. Bagaimana prosedur dan mekanisme jika Bank ingin bergabung ke layanan ini?

  1. Artajasa akan melakukan presentasi kepada calon pelanggan  Direct Debit sekaligus Bank memberikan masukan terhadap fitur yang diinginka
  2. Bank akan mengirimkan dokumen RFP (Resuest for Proposal) didalamnya temasuk detail-detail fitur
  3. Artajasa akan mengirimkan proposal yang didalamnya terdapat lama proses implementasi, Biaya, dan fitur yang akan disepakati
  4. Setelah Bank sepakat ditunjukan dengan BAK/Surat, Artajasa melakukan pengembangan sampai dengan Akhir

13. Bagaimana jika penanganan jika terjadi gangguan sistem pada layanan Direct Debit?

  1. Bank menginformasikan terjadinya gangguan sistem
  2. Artajasa akan melakukan investigasi jika terdapat indikasi gangguan baik infrastruktur sistem Direct Debit maupun jaringan kominukasi
  3. Investigasi dilakukan juga untuk mengetahui gangguan tersebut merupakan tanggung jawab pihak Bank, Artajasa ataukah Biller Provider
  4. Jika tanggung jawab Artajasa maka Artajasa akan melakukan penanganan gangguan tersebut dalam waktu yang telah disepakati di SPP dan dilakukan sesuai dengan aturan yang berlaku

14. Apakah ada tim helpdesk yang disediakan oleh Artajasa untuk layanan ini? 

Ada team helpdesk Artajasa tersedia selama 24/7

15. Saat ini siapa saja Bank yang sudah menggunakan layanan Direct Debet Artajasa? 

BNI, BTPNS, CitiBank, Danamon, DBS, Bank Mega, SCB

Berbagai solusi layanan dalam industri keuangan yang Artajasa berikan secara menyeluruh sesuai dengan trend dan kebutuhan Perbankan saat ini, dapat menjadi pilihan yang tepat bagi Anda mitra Perbankan Artajasa. Penyediaan berbagai macam delivery channel yang Artajasa tawarkan seperti layanan Internet Banking menjadi sangat pas di era digital dan serba praktis ini. Tentunya dengan memiliki layanan Internet Banking, Perbankan dapat mempermudah  nasabah Retail atau  Corporate untuk mengakses  rekening menggunakan  aplikasi berbasis Internet  web browser.

Layanan yang Artajasa sediakan mulai dari penyediaan Web, Pengembangan, Infrastruktur hingga pengoperasional layanan pun dapat dilakukan. Tentunya dengan begitu, nilai investasi dan biaya operasional menjadi lebih efisien.

Berbagai pilihan fitur yang Artajasa tawarkan dapat disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan, seperti:

  • Menyediakan multiple dan Pembedaan tipe rekening bank, termasuk kartu kredit.
  • Menyediakan multiple mata uang
  • Menyediakan audit trail, dengan nomer referensi yang unik untuk setiap transaksi.
  • Dapat mengakomodir transaksi dalam jumlah besar.
  • Otorisasi berdasarkan fungsi dan level hirarki (maker & Checker).

Layanan Internet Banking

1. Apa itu layanan Internet Banking Artajasa? 

Layanan penyediaan system Corporate Internet Banking/Cash Management System yang ditujukan kepada Pelanggan sehingga pelanggan dapat menyediakan Layanan Internet Banking bagi nNasabah bank yang bersifat Korporasi yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan transaksi perbankan secara harian.

2. Latar belakang tersedianya layanan Internet Banking Artajasa ini? 

  • Memenuhi kebutuhan pelanggan Bank terkait penyediaan Corporate Internet Banking/Cash Management System dengan investasi yang minimal bagi nasabahnya
  • Semakin melengkapi delivery channel Artajasa

3. Sejak kapan layanan Internet Banking hadir di Artajasa?

Artajasa pertama kalimel uncurkan layanan Internet Banking pada tahun 2018 dengan Bank DIY sebagai pelanggan pertama.

4. Siapa saja target pasar dari layanan ini?

Bank - Bank pada kelompok BUKU 1 - 3 baik Bank umum, Bank Syariah, maupun Bank Pembangunan Daerah.

5. Bagaimana skema kerjasama yang ditawarkan oleh Artajasa untuk layanan Internet Banking ini?

Solusi Managed Service end ti end

6. Service apa saja yang akan diberikan kepada Pelanggan jika bergabung dengan layanan ini?

  1. Layanan corporate internet banking- penyediaan sistem dan aplikasi,
  2. Penyediaan IT support- penyediaan  user manual
  3. Pelatihan
  4. Implementasi layanan

7. Apa kelebihan layanan yang Artajasa berikan dibandingkan dengan perusahaan lain yang sejenis yang menawarkan layanan yang sama? 

  • Artajasa menyediakan berbagai delivery channel yang dibutuhkan bank, sehingga dengan hanya berkerjasama dengan artajasa pelanggan dapat menyediakan berbagai delivery channel untuk  nasabahnya
  • Artajasa memberikan jaminan kualitas layanan yang baik

8. Apa saja benefit yang akan diterima oleh pelanggan? 

  1. Meminimalkan investasi bagi pelanggan
  2. Waktu implemenntasi lebih cepat
  3. Pelanggan dapat lebih berfokus untuk pemanfaatan SDM pada core bisnisnya saja

9. Fitur apa saja yang ditawarkan oleh layanan Internet Banking ini? 

Fitur yang disediakan dalam layanan ini akan disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan antara lain payment, purchace, transfer, cek saldo, dll

10.berapa lama proses pengadaan, pengembangan sampai dengan layanan ini bisa digunakan oleh nasabah mitra kerjasama? 

Estimasi waktu kurang lebih 6- 12 bulan mulai dari Perjanjian Kerjasama/Surat Perintah Kerja/Surat Penunjukan diterima oleh Artajasa

11. Bagaimana prosedur dan mekanisme jika Pelanggan  ingin bergabung ke layanan ini? 

  1. Artajasa akan melakukan presentasi kepada calon pelanggan  Mobile Banking sekaligus Bank memberikan masukan terhadap fitur yang diinginkan
  2. Bank akan mengirimkan dokumen RFP (Resuest for Proposal) didalamnya temasuk detail-detail fitur
  3. Artajasa akan mengirimkan proposal yang didalmnya terdapat lama proses implementasi, Biaya, dan fitur yang akan disepakati- Setelah Bank sepakat ditunjukan dengan BAK/Surat, Artajasa melakukan pengembangan sampai dengan Akhir

12. Apa saja syarat dan ketentuan untuk bergabung ke layanan Internet Banking? 

Mitra telah memiliki izin penyediaan layanan Internet Banking  dari regulator

13. Bagaimana jika terjadi gangguan pada layanan Internet Banking Artajasa ini?  

  • Nasabah BANK menginformasikan terjadinya gangguan pada Layanan Internet Banking kepada Bank
  • BANK menginformasikan gangguan yang terjadi kepada Helpdesk ARTAJASA
  • Helpdesk ARTAJASA melakukan penanganan awal melalui telepon
  • Apabila gangguan tidak dapat diselesaikan maka Helpdesk ARTAJASA melakukan koordinasi dengan bagian terkait untuk penanganan lebih lanjut

Apabila :

  1. Gangguan yang terjadi memakan waktu lama atau
  2. Bagian terkait tidak dapat memberikan estimasi waktu penyelesaian, Maka Helpdesk ARTAJASA akan melakukan
  3. Berkoordinasi dengan BANK terkait status penanganan gangguan

14. Apakah ada tim helpdesk yang disediakan oleh Artajasa untuk layanan ini? 

Ada team helpdesk Artajasa (Contac center) tersedia selama 24/7

15. Saat ini siapa saja mitra yang sudah menggunakan layanan mobile banking Artajasa?

Bank DIY, Bank Kalsel

Penyediaan layanan sistem CMS diadakan untuk memenuhi kebutuhan Bank dalam mengembangkan CMS yang berfungsi untuk verifikasi transaksi terkait ke data kartu nasabah, fungsi pengelola data kartu nasabah dan fungsi-fungsi lainnya terkait dengan layanan yang berhubungan dengan data kartu nasabah. Melalui layanan sistem CMS tersebut

diharapkan dapat meningkatkan kelancaran operasional pengelolaan data kartu nasabah, mendukung program-program berbasis kartu yang didukung dengan proses monitoring secara realtime dan akurat, sehingga meningkatkan kapasitas dan performansi layanan.

Ruang Lingkup Layanan

  • End-to-end Card Life Cycle Management
  • Proses Otorisasi
  • Maintenance
  • Support NSICCS
  • Web Based Client

1. User Administration

  • Pendaftaran pengguna sistem
  • Pemberian hak akses pengoperasian kepada pengguna
  • Pemberian hak sesuai dengan role yang ada
  • Role Management

  2. Pembuatan role sesuai dengan kebutuhan

  • Product Management

   3. Pembuatan atau pengklasifikasian produk

  • Monitoring dan Reporting

CMS Mitra Logo

Bersama Pay merupakan sebuah layanan Payment Interface dimana layanan ini akan menghubungkan Mitra/Merchant dengan berbagai channel pembayaran untuk memenuhi lebih luas kebutuhan pelanggan. Ada pun channel pembayaran yaitu Kartu Kredit dan Kartu Debit Visa, Mastercard, dan JCB, Virtual account Mandiri dan BNI, dan Virtual Account ATM Bersama.

Dengan layanan Payment Interface ini, Mitra Artajasa dapat menikmati berbagai benefit yang ditawarkan seperti:

  • Memberikan koneksi dengan berbagai layanan pembayaran digital yang disediakan oleh lebih dari 3 metode pembayaran
  • Melakukan rekonsiliasi dan penyelesain dispute transaksi
  • Melakukan setelment ke Rekening Mitra
  • Menyediakan helpdesk support (24/7) untuk Mitra

Purchase

  • Credit/ Debit Card Visa, Mastercard, JCB
  • VA Mandiri
  • VA BNI
  • VA Bersama / Transfer for Payment 

Void

  • Credit/ Debit Card Visa, Mastercard,

ACB Payment Interface

1. Apa itu layanan Bersama Pay? 

Layanan Payment Interface menyediakan jasa penambahan payment channel antara lain Transfer ATM Bersama, Pembayaran Kartu Kredit/Debit (Visa, MasterCard, JCB) dan Virtual Account (VA Mandiri, VA BNI) pada sistem Merchant.

2. Latar belakang Bersama Pay? 

Untuk memenuhi kebutuhan Mitra dalam menyediakan aplikasi yang dapat digunakan langsung oleh pelanggan untuk melakukan pembayaran dengan menggunakan sistem pembayaran kartu kredit maupun dengan channel lainnya.

3. Siapa yang tepat menggunakan Bersama Pay? 

Merchant dari berbagai sektor yang membutuhkan payment channel.

4. Fitur Apa saja yang ditawarkan bersama Pay?

Debit/Credit Card via Visa/Mastercard/JCB, Ovo, Gopay, Virtual Account Bank (Mandiri, BNI, BRI, BCA)

5. Saat ini mitra siapa saja yang sudah bergabung dengan Bersama Pay?

MyIM3 Indosat

6. Apa keuntungan bergabung dengan bersama Pay? 

  • Integrated payment reporting
  • Settlement for All Payment Channel Services
  • 24/7 Helpdesk Support

7. Ada berapa model kerjasama yang bisa ditawarkan oleh Bersama Pay? 
Model kerjasamanya ada 2, yaitu:

  1. Connection only, kerjasama di mana Mitra telah memiliki platform sendiri dan hanya memerlukan koneksi ke payment services
  2. Connection & platform, kerjasama di mana Artajasa akan mengembangkan platform untuk mitra hingga terkoneksi dengan payment services

8. Bagaimana model bisnisnya? 

  • MDR per Transaction (Fixed Fee / Percentage Based on SOF)
  • Development per Mandays (for platform development)

9. Bagaimana prosedur bergabung dengan Bersama Pay? 

Mitra dapat menghubungi business representatif Artajasa pada email bersama.id@artajasa.co.id

10. Jika bergabung dengan Bersama Pay apakah harus terkoneksi ke seluruh Payment Channel? 

Tidak, Mitra dapat memilih payment channel mana saja yang diinginkan

11. Bagaiman alur pengaduan jika ada gangguan? 

Mitra dapat menghubungi Helpdesk Artajasa di helpdesk@artajasa.co.id

Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) saat ini menjadi sistem yang harus diapatuhi oleh semua perbankan dan penyedia jasa sistem pembayaran. Berbagai transaksi melalui bermacam instrumen pembayaran yang dilakukan di Indonesia diwajibkan untuk menggunakan sistem GPN, baik transaksi melalui kartu Debit (Debit GPN), transaksi berbasis QR (QRIS), maupun transaksi e-commerce. Dengan begitu, Perbankan pun diminta untuk mengajak seluruh nasabahnya untuk dapat menggunakan kartu debit berlogo nasional. Tentunya, dengan adanya GPN ini, delivery channel yang beredar pun harus ikut menyesuaikan aturan Bank Indonesia sesuai dengan GPN.

Oleh karena itu, Artajasa menjawab kebutuhan Perbankan maupun Merchant melalui penyediaan solusi pembayaran menggunakan lisensi acquiring debit Artajasa dengan berbagai channel seperti Bersama Debit, Bersama QR, Transfer For Payment, Bersama Secure (B-Secure), Bersama Pay, dan juga Mynt E-Money  yang terkoneksi ke switching Artajasa. Layanan ini juga meliputi pengelolaan merchant mulai dari akuisisi sampai penyelesaian pembayaran. Sehingga nasabah dengan kartu berlogo GPN bisa bertransaksi di channel merchant dengan aman dan nyaman.

  • Artajasa menyediakanTerminal EDC Berbasis Chip
  • Jika pelanggan sudah memiliki terminal EDC, maka bisa menggunakan terminal EDC pelanggan dan terkoneksi ke sistem terminal mitra
  • Menyediakan Host Terminal mencakup Network Concentrator dan Host Terminal
  • Terminal Management System
  • Koneksi ke Switching Debit
  • Fraud Detection System
  • Merchant management
  • Settlement
  • Dapat terkoneksi ke jaringan ATM Bersama, Bersama Debit, QRIS
  • Bagi pelanggan yang belum mendapatkan Izin Acquiring Kartu Debit, maka dapat memanfaatkan Izin Acquiring Kartu Debit Artajasa
  1. Sale
  2. Void
  3. Settlement

B-Secure Mitra Logo v2

Berbagai inovasi penyediaan layanan di industry pembayaran dan keuangan terus Artajasa lakukan. Salah satunya dengan penyediaan layanan System Integrator ARTAJASA yaitu penyediaan Premium SMS untuk layanan menggunakan SMS dalam bentuk SMS Push dan SMS Pull yang dapat digunakan untuk kegiatan transaksi dan notifikasi transaksi finansial, pengiriman One Time Password (OTP), notifikasi program marketing, dan berbagai pemanfaatan lainnya.

Layanan System Integrator ARTAJASA saat ini telah terhubung dengan operator telekomunikasi seperti Telkomsel, XL, Smartfren, dan Three, dengan begitu Mitra tidak perlu untuk melakukan koneksi satu persatu kepada para provider telco, serta sebagai nilai lebih Artajasa juga menyediakan Helpdesk Support 24/7 untuk membantu Mitra.

  • SMS Push Broadcast

SMS Push merupakan layanan di mana Mitra Artajasa dapat mengirimkan SMS kepada Pelanggan sesuai dengan Provider yang tersedia. SMS dapat dikirimkan oleh Mitra Artajasa dengan label nama pengirim berupa Masking milik Mitra Artajasa. Biaya transaksi per SMS pada layanan ini sepenuhnya dibebankan kepada Mitra Artajasa.

 

  • SMS Pull & SMS Push Alert

SMS Pull & SMS Push Alert merupakan layanan SMS yang diinisiasi oleh Nasabah / Pelanggan melalui pengiriman SMS kepada short code Sistem Integrator Artajasa / Pelanggan. Mitra Artajasa akan dibebankan Biaya Transaksi per SMS yang relative lebih murah daripada SMS Push Broadcast, namun Nasabah / Pelanggan yang melakukan inisiasi dapat dikenakan pemotongan pulsa sesuai kebijakan Provider yang dimiliki.

 

  • USSD Push (Telkomsel & Indosat)

USSD Push merupakan layanan USSD yang diinisiasi oleh Mitra Artajasa menggunakan media USSD (Popup Display). Biaya transaksi per USSD dibebankan ke Mitra Artajasa. Layanan ini dapat digunakan untuk pengirim OTP, Notifikasi Transaksi dan Iklan.

1. Apa itu layanan Sistem Intergrator? 

Layanan "Single Integration" yang mengintegrasikan koneksi ke seluruh provider/operator telekomunikasi sehingga institusi tersebut dapat melakukan transaksi dan interaksi lainnya kepada para nasabah/pelanggan dengan menggunakan metode layanan USSD Push dan Premium SMS dalam bentuk SMS Push dan SMS Pull.

2. Faktor untuk menggunakan layanan Sistem Intergrator?

  1. Kebutuhan USSD/ SMS notifikasi
  2. Kebutuhan USSD/ SMS OTP
  3. Kebutuhan USSD/ SMS broadcast promosi

3. Siapa yang tepat menggunakan layanan SIstem Intergrator? 

Insitusi finansial maupun non finansial yang membutuhkan interaksi langsung dengan pelanggan melalui layanan USSD/SMS Blast.

4. Fitur Apa saja yang ditawarkan SIstem Intergrator?

  • USSD/SMS Push Broadcast (MT0)
  • SMS Pull (MO-MT Reply)
  • SMS Push Alert (MT1)
  • Masking & Shortcode

5. Saat ini  siapa customer saja yang sudah bergabung dengan SIstem Intergrator?

Saat ini Sistem Integrator dalam proses integrasi dengan B-Secure dan Perbankan.

6. Apa keuntungan bergabung dengan SIstem Intergrator?

Integrasi satu koneksi ke arah seluruh provider/operator telekomunikasi memberikan kemudahan bagi bank untuk pengelolaan bisnis (kerjasama), teknis (single format) dan operasional (pelaporan dan pengelolaan keluhan).

7. Bagaimana model bisnisnya? 

Transaction Fee per SMS/USSD.

8. Bagaiman skema tarif SIstem Intergrator? 

Skema tiering berdasarkan transaksi yang dicapai sesuai kesepakatan bersama.

9. Apa yang dimaksud dengan Masking?

Masking merupakan layanan dimana Identitas Pengirim SMS yang muncul di layar Ponsel. Penerima SMS dapat diubah sesuai dengan nama masking yang didaftarkan.

10. Apa yang dimaksud dengan Short Code?

Short Code merupakan 3-5 digit angka yang dapat digunakan sebagai nomor pengiriman dan penerimaan SMS.

11. Apa yang dimaksud dengan SMS Push? 

SMS Push merupakan layanan dimana institusi dapat mengirimkan SMS kepada nasabah/pelanggan sesuai dengan provider yang tersedia. SMS dapat dikirimkan menggunakan Subjek berupa short code, ataupun Masking.

12. Apa yang dimaksud dengan SMS Pull? 

SMS Pull  merupakan layanan SMS yang di inisiasi oleh nasabah/pelanggan institusi melalui pengiriman SMS kepada short code System Integrator ARTAJASA atau institusi.Pengiriman SMS yang dilakukan oleh nasabah/pelanggan (SMS Pull) akan dikenakan biaya berupa pemotongan pulsa sesuai dengan kebijakan operator.

13. Apa perbedaan SMS Push Broadcast dan Push Alert? 

Pada SMS Push Broadcast (MT0), biaya per Transaksi ditanggung sepenuhnya oleh Mitra sehingga relatif lebih mahal dibandingkan dengan MT1.Sedangkan pada SMS Push Alert (MT1), biaya per Transaksi ditanggung oleh Mitra, namun juga terdapat pemotongan pulsa oleh Provider terhadap Nasabah sehingga biaya per transaksi relatif lebih murah dibandingkan dengan MT1.Pada Operator Telkomsel terdapat potensi Revenue Sharing atas potongan pulsa yang dibebankan pada MT nasabah.

14. Apakah ada tim helpdesk yang disediakan oleh Artajasa untuk layanan ini? 

Ada team helpdesk Artajasa tersedia selama 24/7