Beranda / Berita / Payment Gateway Indonesia: Pengertian, Manfaat, Jenis, Cara Kerja

Payment Gateway Indonesia: Pengertian, Manfaat, Jenis, Cara Kerja

5 Februari 2024

Transaksi menggunakan kartu kredit, kartu debit, dompet digital, QRIS, dan lain-lain yang menawarkan kemudahan kini semakin marak digunakan banyak orang-orang. Namun, tahukah Anda, agar transaksi online dapat berjalan dengan mudah, kita memerlukan teknologi bernama payment gateway.

Jika diibaratkan pada suatu hal, payment gateway merupakan sebuah gerbang antara penjual dan pembeli saat melakukan transaksi secara online. Bisa dibilang payment gateway ini memang sangat penting agar segala jenis transaksi yang dilakukan secara online dapat dilakukan dengan lebih mudah. 

Pada artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang paymaent gateway mulai dari pengertian, manfaat, jenis-jenis, dan bagaimana cara kerjanya. Jadi, simak penjelasan lengkapnya di bawah, ya!

Lalu, Apa Payment Gateway Itu?

Secara garis besar, payment gateway adalah sistem teknologi yang bertugas untuk mengotorisasi proses transaksi antara pedagang (merchant) dengan pembeli.

Dalam prosesnya, payment gateway bertugas untuk memvalidasi informasi pembayaran yang dilakukan pembeli, lalu mengirimkan permintaan pembayaran ke lembaga keuangan yang bersangkutan, dan mengirimkan informasi kepada pembeli tentang status transaksi.

Saat melakukan transaksi secara online, ekspektasi kita tentu saja berharap transaksi yang dilakukan dilakukan dengan lebih cepat dan mudah. Sebab, tanpa payment gateway, pelanggan yang ingin melakukan transaksi secara online harus melakukan transfer uang melalui bank terlebih dahulu.

Dengan payment gateway, proses transaksi bisa dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari menggunakan kartu kredit Indonesia, debit, atau sistem pembayaran jenis lainnya seperti e-wallet.

Manfaat Menggunakan Payment Gateway

Menggunakan payment gateway tentu saja akan memberikan banyak manfaat untuk Anda para pegiat bisnis. Lalu, apa saja manfaatnya?

1. Metode pembayaran lebih bervariasi

Salah satu manfaat utama menggunakan payment gateway adalah memberikan pilihan metode pembayaran yang beragam.

Jika sudah bekerja sama dengan satu payment gateway, penjual (merchant) dapat menerima berbagai jenis pembayaran online seperti kartu kredit, kartu debit, QRIS dan berbagai metode pembayaran digital lainnya. Dengan ini nantinya akan mampu menarik banyak calon pembeli lainnya untuk berbelanja di toko Anda.

2. Transaksi yang lebih cepat dan mudah

Dengan menggunakan payment gateway, semua transaksi yang dilakukan secara otomatis sehingga prosesnya menjadi lebih cepat dan mudah.

Payment gateway biasanya juga dilengkapi dengan manajemen transaksi yang memberikan akses kepada penjual untuk mengelola pembayaran dengan mudah. Jadi, penjual dapat melacak pembayaran, mengelola pengembalian dana, hingga mengawasi laporan transaksi.

3. Transaksi yang terjamin keamanannya

Manfaat unggulan dari payment gateway adalah karena transaksi yang terjamin keamanannya. Sistem transaksi payment gateway memiliki lapisan keamanan ganda dan menggunakan enkripsi keamanan yang kuat untuk melindungi data, termasuk kartu kredit. Sehingga Anda tidak perlu khawatir terhadap tindak kriminal seperti skimming, pencurian data, dan lain-lain. Dengan ini, Anda bisa memberikan rasa kepercayaan untuk para pelanggan.

4. Jangkauan yang lebih luas

Sebagian payment gateway Indonesia telah menyediakan dukungan transaksi mancanegara. Hal ini memungkinkan penjual untuk bertransaksi dengan pelanggan di berbagai negara. Jadi, tidak ada lagi halangan berupa perbedaan negara ketika seseorang ingin membeli produk Anda.

Jenis-Jenis Payment Gateway

Payment gateway di Indonesia memiliki berbagai jenis yang penggunaannya disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan suatu bisnis. Lalu, apa saja jenis-jenisnya?

1. Hosted payment gateway

Hosted payment gateway adalah jenis payment gateway yang mengharuskan pelanggan meninggalkan situs web untuk diarahkan ke halaman pembayaran  untuk menyelesaikan proses transaksi.

Setelah melakukan pembayaran, pelanggan akan diarahkan kembali ke situs web dengan notifikasi konfirmasi transaksi yang dilakukan.

Proses pembayaran yang dilakukan di luar situs web penjual membuat tingkat keamanan jenis payment gateway ini jadi lebih tinggi karena halaman pembayarannya di-host secara terpisah.

2. Self-hosted payment gateway

Self-hosted payment gateway memungkinkan proses pembayaran yang dilakukan pembeli tetap berada halaman pembayaran yang diberikan penjual. Jadi, penjual bertanggung jawab penuh atas keamanan halaman pembayarannya, sehingga memerlukan penerapan keamanan yang ketat.

3. API-hosted payment gateway

API-hosted payment gateway adalah jenis payment gateway yang menggunakan antarmuka pemrograman aplikasi (API) untuk menghubungkan situs web penjual dengan gateway. 

Proses pembayaran pada gateway ini tetap dilakukan di situs web penjual secara langsung, namun melalui API, penjual dapat menyesuaikan fungsi dan fitur pada halaman pembayarannya

4. Local bank integration gateway

Local bank integration gateway adalah jenis payment gateway yang mengintegrasikan pembayaran melalui transfer bank lokal. Jenis gateway ini cocok digunakan untuk pasar dengan preferensi pembayaran melalui bank tradisional, gateway ini memungkinkan pembayaran langsung dari rekening bank lokal dengan kerjasama bank setempat.

5. Mobile payment gateway

Mobile payment gateway dibuat khusus untuk memproses pembayaran melalui ponsel. Dengan mendukung pembayaran melalui aplikasi mobile, gateway ini menawarkan kemudahan berbelanja dengan ponsel dan kadang-kadang mendukung penggunaan dompet digital. Proses pembayaran di sini dioptimalkan untuk pengalaman pengguna yang sederhana dan cepat.

Bagaimana Cara Kerja Sistem Payment Gateway?

Pada dasarnya, sistem payment gateway berfungsi sebagai perantara antara situs web penjual dengan lembaga keuangan, dan memproses transaksi pembayaran yang dilakukan secara online. Walau terdengar cukup rumit, namun cara kerja payment gateway sebenarnya cukup sederhana. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Pembeli memilih produk atau layanan yang ingin dibeli, setelah itu diarahkan ke halaman pembayaran.
  • Pembeli mengisi detail pembayaran dan setelahnya situs web penjual mengirim data pembayaran ke payment gateway.
  • Payment gateway mengenkripsi data pembayaran untuk melindungi setiap informasi yang diberikan.
  • Payment gateway memvalidasi informasi data yang diberikan.
  • Saat transaksi diterima, payment gateway mengirim permintaan kepada bank untuk mengirimkan dana dari rekening pembeli ke rekening penjual.
  • Kemudian bank memberikan respons terhadap transaksi yang dilakukan
  • Ketika transaksi diterima, situs web penjual menerima konfirmasi pembayaran dan menyelesaikan proses pesanan.

Bersama Host to Host

Bersama Host to Host Payment merupakan sebuah layanan dari Artajasa yang dapat mengintegrasikan pembayaran billing provider dengan collecting agent, sehingga pelanggan dapat membayar tagihan mereka di collecting agent terdekat. Layanan Bersama Host to Host saat ini juga sudah mengakomodir banyak jenis pembayaran, seperti asuransi, multifinance, public utility, telekomunikasi, dan donasi.

Dengan menggunakan Bersama Host to Host, Anda akan mendapatkan berbagai layanan kerja sama berupa; pembayaran secara online dan realtime, gerbang khusus untuk billing provider, customer support, operasional rekonsiliasi, settlement sesuai dengan bank yg dikehendaki, dan panduan implementasi (PKS, SPP, UAT, TO sampai Live).

Jika Anda ingin bergabung dengan layanan Bersama Host to Host, hubungi kami melalui email bersama.id@artajasa.co.id

Bagikan Artikel ini

Promo & Berita Serupa

Lihat Semua