Butuh Bantuan

Beranda / FAQ / Managed Service Channel / Pusat Bantuan - Direct Debit

Pusat Bantuan - Direct Debit

1. Apa itu layanan Direct Debit Artajasa? 

Layanan Artajasa yang di operasionalkan oleh Bank, yang memungkinkan nasabah untuk memberikan otorisasi dalam melakukan pendebetan dana dari rekening nasabah, untuk keperluan pembayaran tagihan secaraperiodik dan otomatis.

 

2. Sejak berapa lama layanan Direct Debit beroperasi?

Artajasa pertama kali mengimplementasikan Direct Debit pada tahun 2003.

 

3. Siapa saja target pasar dari layanan ini? 

Bank - Bank yang ingin melayani nasabahnya dan menjawab kebutuhan nasabahnya dengan layanan Direct Debit. Bank - Bank Anggota ATM Bersama.

 

4. Bagaimana potensi Industri terhadap Layanan Direct Debit? 

Dengan meningkatnya transaksi tagihan dari Berbagai biller Online payment yang ada di Indonesia menjadi kesempatan Bagi Bank untuk memberikan layanan Direct Debit untuk memfasilitasi nasabahnya. Di satu sisi yang lain terdapat peningkatan juga pada pemegang kartu debit dan kartu kredit. Sehingga layanan Direct Debit menjadi salah satu solusi dalam menunjang pembayaran tagihan nasabah.

 

5. Bagaimana skema kerjasama yang ditawarkan oleh Artajasa untuk layanan Direct Debit ini? 

Kerja Sama  Managed Service yakni Artajasa sebagai Mitra Teknis Layanan Direct Debit.

 

6. Bagaimana Skema Traif yang di tawarkan oleh Artajasa untuk Layanan Direct Debit? 

Terdapat Set Up Fee, Monthly Fee untuk setiap Biller yang terkoneksi, Transaction Fee dan Biaya pengembangan jika memang terdapat pengembangan layanan sesuai dengan kebutuhan Mitra.

 

7. Service apa saja yang akan diberikan kepada Bank jika bergabung dengan layanan ini?

Ruang lingkup Layanan/ Business Scope:

  • Penyediaan Aplikasi
  • Pengembangan Biller

FITUR:

  1. Jaringan Komunikasi system
  2. Switch ke bille rterkait
  3. Maintenance
  4. Reporting dan Monitoring
  5. Helpdesk

 

8. Apa kelebihan layanan yang Artajasa berikan dibandingkan dengan perusahaan lain yang sejenis yang menawarkan layanan yang sama? 

Artajasa bukan hanya sebagai penyedia layanan Direct Debit tapi juga sebagai Biller Aggregator. Sehingga solusi payment/purchase Direct Debit bisa one stop solution.

 

9. Biller Apa saja yang telah terkoneksi dengan Layanan Direct Debit?

BPJS, Indosat, XL, Smartfren, PLN, MNC Vision, MNC Play, Mitra juga dapat terkoneksi dengan biller Bank jika memang di perlukan, tetapi dibutuhkan diskusi lebih lanjut terkait koneksi dan juga konfigurasi yang akan di terapkan.

 

10. Apa saja benefit yang akan diterima oleh Bank? 

  • Optimasi Sistem pembayaran di Bank
  • Bank dapat meminimalisir biaya pengembangan dan operasional Direct Debit.
  • Menambah delivery channel Bank
  • Mempermudah nasabah melakukan transaksi Bank finansial & non finansial

 

11. Apa saja benefit yang akan diterima oleh Nasabah dengan menggunakan Layanan Direct Debit?

Pembayaran tagihan menjadi lebih mudah- Nasabah dapat mengurangi resiko keterlambatan Pembayaran tagihan.

 

12. Bagaimana prosedur dan mekanisme jika Bank ingin bergabung ke layanan ini?

  1. Artajasa akan melakukan presentasi kepada calon pelanggan  Direct Debit sekaligus Bank memberikan masukan terhadap fitur yang diinginka
  2. Bank akan mengirimkan dokumen RFP (Resuest for Proposal) didalamnya temasuk detail-detail fitur
  3. Artajasa akan mengirimkan proposal yang didalamnya terdapat lama proses implementasi, Biaya, dan fitur yang akan disepakati
  4. Setelah Bank sepakat ditunjukan dengan BAK/Surat, Artajasa melakukan pengembangan sampai dengan Akhir

 

13. Bagaimana jika penanganan jika terjadi gangguan sistem pada layanan Direct Debit?

  1. Bank menginformasikan terjadinya gangguan sistem
  2. Artajasa akan melakukan investigasi jika terdapat indikasi gangguan baik infrastruktur sistem Direct Debit maupun jaringan kominukasi
  3. Investigasi dilakukan juga untuk mengetahui gangguan tersebut merupakan tanggung jawab pihak Bank, Artajasa ataukah Biller Provider
  4. Jika tanggung jawab Artajasa maka Artajasa akan melakukan penanganan gangguan tersebut dalam waktu yang telah disepakati di SPP dan dilakukan sesuai dengan aturan yang berlaku

 

14. Apakah ada tim helpdesk yang disediakan oleh Artajasa untuk layanan ini? 

Ada team helpdesk Artajasa tersedia selama 24/7.

 

15. Saat ini siapa saja Bank yang sudah menggunakan layanan Direct Debet Artajasa? 

BNI, BTPNS, CitiBank, Danamon, DBS, Bank Mega, SCB.