Butuh Bantuan

Beranda / FAQ / Managed Service Channel / Pusat Bantuan - SMS Banking

Pusat Bantuan - SMS Banking

1. Apa itu layanan SMS Banking Artajasa? 

Layanan Perbankan yang disediakan oleh Artajasa untuk mempermudah nasabah dalam mengakses rekening dengan menggunakan aplikasi mobile banking berbasis Sort Message Service (SMS) dalam bentuk Plain Text atau dapat juga digenerate oleh Apps SMSBanking.

 

2. Jelaskan latar belakang dari layanan SMS Banking ini? 

Memberikan solusi terhadap bank dalam menyediakan delivery channel SMS Banking. Sehingga untuk meningkatkan pelayanan kepada nasabah, diperlukan SMS banking untuk memudahkan nasabah bank melakukan berbagai macam transaksi perbankan melalui mobile device yang dimiliki khususnya untuk nasabah di daerah tertentu.

 

3. Sejak kapan layanan SMS Banking hadir di Artajasa? 

Artajasa pertama kali mengimplementasikan SMS Banking pada tahun 2003.

 

4. Siapa saja target pasar dari layanan ini? 

Bank - Bank yang ingin melayani nasabahnya dan menjawab kebutuhan nasabahnya dengan layanan SMS Banking. Bank - Bank Anggota ATM Bersama.

 

5. Bagaimana skema kerjasama yang ditawarkan oleh Artajasa untuk layanan SMS Banking ini? 

Kerja Sama  Managed Service yakni Artajasa sebagai Vendor Teknis Layanan SMS Banking.

 

6. Bagaimana Skema Traif yang di tawarkan oleh Artajasa untuk Layanan SMS Banking? 

Terdapat Set Up Fee, Monthly Fee, Transaction Fee dan Biaya pengembangan jika memang terdapat pengembangan layanan sesuai dengan kesepakatan.

 

7. Service apa saja yang akan diberikan kepada Bank jika bergabung dengan layanan ini?

Ruang lingkup Layanan/ Business Scope

  1. SMS Server
  2. SMS Gateway
  3. Aplikasi SMS Banking
  4. Pengembangan Fitur di luar fitur standart yang telah disepakati
  5. Maintenance
  6. Reporting dan Monitoring
  7. Helpdesk

 

8. Apa kelebihan layanan yang Artajasa berikan dibandingkan dengan perusahaan lain yang sejenis yang menawarkan layanan yang sama?

  • Artajasa bukan hanya sebagai penyedia layanan SMS Banking tapi juga sebagai Biller Aggregator, Sehingga solusi payment/purchase SMS Banking bisa one stop solution
  • Artajasa memiliki Sistem Integrator, sehingga Bank tidak perlu untuk mencari solusi Sistem Integrator untuk koneksi dengan provider

 

9. Apa saja benefit yang akan diterima oleh Bank?

  • Dapat digunakan oleh seluruh bank anggota jaringan ATM  Bersama
  • Meningkatkan transaksi di layanan Mobile Services
  • Bank dapat meminimalisir biaya pengembangan dan operasional SMS Banking.
  • Menambah delivery channel Bank
  • Mempermudah nasabah melakukan transaksi bank finansial & non finansial

 

10. Fitur apa saja yang ditawarkan oleh layanan SMS Banking ini? 

  1. Fitur Banking (Transfer On Us, Off Us)
  2. Payment  Purchase- Web Tools (Report Transaksi, Audit Trail,  Pengaturan User Admin, dan Block /  Unblock User)
  3. Ganti PIN
  4. Help
  5. Informasi Suku Bunga
  6. Informasi Rekening
  7. Aktivasi
  8. Mutasi

 

11. Bagaimana prosedur dan mekanisme jika Bank ingin bergabung ke layanan ini?

  • Artajasa akan melakukan presentasi kepada calon pelanggan  SMS Banking sekaligus Bank memberikan masukan terhadap fitur yang diinginkan
  • Bank akan mengirimkan dokumen RFP (Resuest for Proposal) didalamnya temasuk detail-detail fitur
  • Artajasa akan mengirimkan proposal yang didalamnya terdapat lama proses implementasi, Biaya, dan fitur yang akan disepakati
  • Setelah Bank sepakat ditunjukan dengan BAK/Surat, Artajasa melakukan pengembangan sampai dengan Akhir

 

12. Bagaimana penanganan jika terjadi gangguan sistem pada layanan Sms Banking? 

  1. Bank menginformasikan terjadinya gangguan sistem
  2. Artajasa akan melakukan investigasi jika terdapat indikasi gangguan baik infrastruktur sistem SMS Banking amupun jaringan kominukasi
  3. Investigasi dilakukan juga untuk mengetahui gangguan tersebut merupakan tanggung jawab pihak Bank, Artajasa ataukah Provider
  4. Jika tanggung jawab Artajasa maka Artajasa akan melakukan penanganan gangguan tersebut dalam waktu yang telah disepakati di SPP dan dilakukan sesuai dengan aturan yang berlaku

 

13. Apakah ada tim helpdesk yang disediakan oleh Artajasa untuk layanan ini? 

Ada team helpdesk Artajasa tersedia selama 24/7.

 

14. Saat ini siapa saja Bank yang sudah menggunakan layanan SMS Banking Artajasa? 

BRI, Bukopin, Citibank, Kalsel, Aceh, Papua, Sultra, BPR EKA