Butuh Bantuan

Beranda / FAQ / Managed Service Channel / Pusat Bantuan - Mobile Banking System

Pusat Bantuan - Mobile Banking System

1. Apa itu layanan Mobile Banking Artajasa? 

Sistem layanan  Perbankan yang  disediakan oleh Artajasa  kepada Bank anggotanya  untuk mempermudah  nasabah dalam  mengakses rekening  dengan menggunakan  aplikasi mobile banking  berbasis Internet.

 

2. Sejak kapan layanan mobile banking hadir di Artajasa? 

Artajasa pertama kali meluncurkan Mobile Banking pada bulan desember 2015 dengan Bank NTB sebagai pelanggan pertama.

 

3. Siapa yang tepat menggunakan layanan ini? 

Bank - Bank yang ingin melayani nasabahnya dan menjawab kebutuhan nasabahnya.

 

4. Bagaimana skema kerjasama yang ditawarkan oleh Artajasa untuk layanan Mobile Banking ini? 

Managed Service.

 

5. Service apa saja yang akan diberikan kepada mitra jika bergabung dengan layanan ini?

  • Aplikasi Mobile Banking 
  • Pengembangan Layanan 
  • Maintenance

 

6. Apa kelebihan layanan yang Artajasa berikan dibandingkan dengan perusahaan lain yang sejenis yang menawarkan layanan yang sama? 

  • Artajasa bukan hanya sebagai penyedia layanan Mobile Banking tapi juga sebagai Biller Aggregator, Sehingga solusi payment/purchase Mobile Banking bisa one stop solution
  • Artajasa juga sebagai Principal QR, dalam kebutuhan transaksi QR Artajasa sudah menyiapkan solusi hingga akhir untuk layanan Mobile Banking.
  • Artajasa memiliki Sistem Integrator, sehingga Bank tidak perlu untuk mencari solusi Sistem Integrator untuk kebutuhan registasi Mobile Banking

 

7. Apa saja benefit yang akan diterima oleh mitra? 

  • Dapat digunakan oleh seluruh bank anggota jaringan ATM  Bersama
  • Meningkatkan transaksi di layanan Mobile Services
  • Membantu Bank dalam memudahkan penambahan delivery  channel-Sudah support untuk android dan ios

 

8. Fitur apa saja yang ditawarkan oleh layanan mobile  banking ini? 

  1. Fitur Banking- Payment  Purchase
  2. Content (Kurs, Suku Bunga, ATM Lokasi,  Info deposit dan Saham)
  3. Promosi
  4. Web Tools (Report Transaksi, Audit Trail,  Pengaturan User Admin, dan Block /  Unblock User)
  5. Cardless (Melakukan penarikan tunai  tanpa kartu di mesin ATM)
  6. Source of fund (Debit Card dan E-Money)
  7. QR Code (Melakukan pemindaian QR  yang tersedia pada merchant)
  8. Admin (Ganti PIN, Ganti Password, Inbox)
  9. Favorite (Edit, Hapus list aktivitas  transaksi yang sering di lakukan)

 

9. Berapa lama proses pengembangan sampai dengan layanan ini bisa digunakan oleh nasabah mitra kerjasama? 

Estimasi waktu ± 3 Bulan mulai dari pengembangan hingga Test Operasional.

 

10. Bagaimana prosedur dan mekanisme jika mitra ingin bergabung ke layanan ini?

  • Artajasa akan melakukan presentasi kepada calon pelanggan  Mobile Banking sekaligus Bank memberikan masukan terhadap fitur yang diinginkan
  • Bank akan mengirimkan dokumen RFP (Resuest for Proposal) didalamnya temasuk detail-detail fitur
  • Artajasa akan mengirimkan proposal yang didalmnya terdapat lama proses implementasi, Biaya, dan fitur yang akan disepakati
  • Setelah Bank sepakat ditunjukan dengan BAK/Surat, Artajasa melakukan pengembangan sampai dengan Akhir

 

11. Berapa lama proses pengembangan sampai dengan layanan ini bisa digunakan oleh nasabah mitra kerjasama? 

Estimasi waktu ± 4 Bulan mulai dari pengembangan hingga release ke Play store/ App Store.

 

12. Apa saja syarat dan ketentuan untuk bergabung ke layanan mobile banking? 

Mitra harus menjadi anggota ATM Bersama.

 

13. Bagaimana jika terjadi kegagalan transaksi menggunakan layanan mobile banking artajasa ini?

Mekanisme klaim kegagalan transaksi:

  • Nasabah BANK menginformasikan terjadinya gangguan pada Mobile Laku Pandai kepada Bank disertai informasi seperti:
    1. No HP yang terhubung dengan aplikasi Mobile Banking
    2. No Rekening Nasabah
    3. Provider
    4. Gangguan yang terjadi pada Mobile Banking
  • BANK menginformasikan gangguan yang terjadi kepada Helpdesk ARTAJASA
  • Helpdesk ARTAJASA melakukan penanganan awal melalui telepon

Apabila gangguan tidak dapat diselesaikan maka Helpdesk ARTAJASA melakukan koordinasi dengan provider penyedia jaringan data untuk penanganan lebih lanjut, Apabila:

  • Gangguan yang terjadi memakan waktu lama
  • Provider penyedia jaringan komunikasi tidak dapat memberikan estimasi waktu penyelesaian, Maka Helpdesk ARTAJASA akan melakukan:
    1. Pengecekan dengan simcard provider penyedia jaringan komunikasi yang lain atau
    2. Berkoordinasi dengan BANK untuk melakukan pengecekan jaringan

 

14. Apakah ada tim helpdesk yang disediakan oleh Artajasa untuk layanan ini? 

Ada team helpdesk Artajasa tersedia selama 24/7.

 

15. Saat ini siapa saja mitra yang sudah menggunakan layanan mobile banking Artajasa? 

Bank NTBS, Bank Papua dan PDSB.